Pada hari Selasa, 6 September 2022, Fakultas Syariah menggelar Kuliah Umum dengan tema “Pemilu, Demokrasi, dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kuliah Umum ini merupakan agenda rutin yang diadakan untuk menyambut masa perkuliahan semester baru periode Ganjil 2022/2023. Acara berlangsung di Auditorium 22 Dzulhijjah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa, pimpinan, serta para dosen Fakultas Syariah UINSI Samarinda.

Yang menjadi narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. KH. Muhammad Noor Harisuddin, M.Fil.I. Selain sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, beliau juga merupakan Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN Se-Indonesia.

Pembukaan berlangsung khidmat diawali dengan lantunan lagu Indonesia Raya dan ayat suci al-Qur’an yang dibacakan oleh mahasiswa Prodi Hukum Keluarga, Elriani Putri Rahmadaniyah.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Bambang Iswanto, M.H. menyampaikan “Kuliah Umum merupakan salah satu budaya akademik yang selalu kita selenggarakan dengan menghadirkan narasumber-narasumber ternama, oleh karena itu saya berharap dari kegiatan ini nantinya kita dapat mengambil ilmu dan juga manfaat yang sebanyak-banyaknya. Terlebih, tema dari Kuliah Umum kali ini sangat menarik dengan mengusung tema Pemilu, Demokrasi dan IKN, di mana Kalimantan Timur akan menjadi ibukota baru nantinya.”
Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah membantu sehingga acara ini dapat terlaksana.

Tiba giliran Prof. Noor. Harisuddin menyampaikan materi. Beliau sedikit bercerita tentang hasil observasi dan wawancara-wawancara kecil beliau ketika mengunjungi IKN. Harapan beliau, masyarakat di IKN dan sekitarnya tidak hanya menjadi penonton di wilayahnya sendiri, akan tetapi aktif berpartisipasi di segala lini pemerintahan demi kemajuan IKN.

Terutama bagi mahasiswa Fakultas Syariah UINSI Samarinda, semoga setelah ini ada banyak penelitian, skripsi dan tulisan yang muncul dengan mengusung tema IKN. Jangan sampai setelah acara kuliah umum ini selesai tidak ada outcome apa-apa. Demikian harapan Prof. Noor Harisuddin

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang disambut antusias oleh para mahasiswa. Ada banyak pertanyaan yang diajukan, namun karena keterbatasan waktu, acara harus berakhir pada jam 11.00 WITA.

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Dekan Fakultas Syariah kepada Prof. Dr. Noor Harisuddin, M.Fil.I serta dokumentasi dengan foto bersama seluruh dosen dan tendik Fakultas Syariah yang hadir pada kegiatan ini.

Leave a Comment